Cikal Bakal Lahirnya Hipda-Huamual

0
172

www.KbhiNews.co.id, Senin, 20/09/2021

Oleh Risna Palisoa, Ketua PAO Hipda-Huamual

Himpunan pemuda Huamual (Hipda-Huamual) merupakan Organisasi mahasiswa dan pemuda Negeri Luhu yang memiliki kewajiban dan komitmen berperan aktif dalam menciptakan hubungan persaudaraan dalam bingkai negara kesatuan republik indonesia .

Tiga Tokoh Muda Huamual Pencetus Himpunan Pemuda Huamual (Hipda-H)

Mahasiswa dan pemuda huamual sebagai generasi muda yang sadar akan hak dan kewajibannya semata mata mengabdi terhadap bangsa , Agama dan Negeri.
Sebagai kesadaran penuh dan tanggung jawab terhadap Generasi Huamual yang kemudian menjadi dasar didirikan Hipda-H

Bermula dari 3 Tokoh Muda Huamual sebagai cikal bakal lahirnya Hipda-Huamual yaitu Asiz Sillouw , M Nour Payapo dan M Ais Ely merupakan Tokoh Huamual yang punya cita-cita serta harapan besar ingin menyatukan Huamual melalui generasi muda .

Obsesi Penyatuan Huamual ini bertolak dari sejarah Huamual yang pernah mencapai puncak kemasan. Tetapi sejak runtuhnya kerajaan dimasa kekuasaan kolonial belanda sampai pada masa moderen, generasi huamual diibatkan seperti ayam kehilangan induknya. Tidak ada Tokoh bahkan wadah sentral yang tugasnya mengayomi semua kalangan masyarakat huamual, sehingga di setiap momentum penting dan strategis, huamual tidak pernah berada pada satu kesatuan yang utuh .

Wilayah dengan penduduk terbanyak di Seram Bagian Barat bahkan Maluku , Huamual lebih panyak dipandang dan diposisikan sebagai wilayah pelengkap.

Tiga tokoh Huamual hadir dan kemudian berinisiatif untuk mendirikan Wadah Himpunan pemuda Huamual di tengah-tengah konflik sosial yang lagi berkecamuk di Maluku. pada Tanggal 17 Maret 1999 musyawarah pertama digelar dan kewal langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Firman Gani dan Kesatuan Kepolisian. polda maluku di aula Dinas Koperasi Maluku dengan melahirkan Sahlan Heluth sebagai Ketua Umum pertama hipda-Huamual dan Kemudian di Ikuti oleh beberapa Ketua Umum yang lain di periode selanjutnya Yaitu Iswadi Payapo, Iksan Payapo, Farhan Suneth,Malik Payapo,Topan Payapo, Asrul Samal dan sampai Periode 2020-2022 Di Ketuai Oleh Ilham Payapo .

Hipda-Huamual merupakan wadah yang Berhimpun semua pemuda dan mahasiswa Huamual ,Walaupun kenyataan hari ini masih dikomandai oleh pemuda negeri luhu . Tetapi upaya serta komunikasi yang di lakukan kepengurusan saat ini untuk generasi Huamual guna bisa bergabung . Hipda-Huamual sejak awal sampai saat ini tidak membatasi ruang untuk melakukan proses dan berhimpun semua generasi Huamual melainkan kurang adanya informasi sehingga sampai saat ini belum semua perwakilan generasi di seantero huamual terhimpun untuk Bersinergi membangun Hipda-Huamual .

Himpunan pemuda Huamual berupaya melakukan advokasi terhadap berbagai masalah-masalah sosial , Budaya, Pendidikan yang berdampak terhadap Kualitas sumber daya manusia . Berbagai Program yang di terapkan oleh Masa kepangurusan pertama sampai saat ini cukup Berkontribusi terhadap Kabupaten Seram Bagian Barat teristimewa Huamual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here