Kadis BPBD SBB Azis Sillouw Ambil Langkah Cepat Tangani Banjir Desa Kamal

0
109

www.KbhiNews.co.id, senin, 13/09/2021

Kamal SBB, KbhiNews.co.id_Banjir melanda Desa Kamal Kecamatan Kairatu Barat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Intensitas hujan tinggi terjadi sabtu, (11/09) pukul 15.00 WIT mengakibatkan meluapnya 4 kali kecil wilayah Desa Kamal yakni Wae Manda, Wae Nesata, Wae Imakua dan Wae Kamal merendam rumah warga.

Lokasi banjir dusun kampung kolam desa kamal

Kurang lebih 77 Kepala keluarga merupakan kombar banjir paling parah pada dusun kampung kolam desa kamal.

Selain meluapnya 4 kali tersebut, banjir juga diperparah dengan kondisi drainase yang terlalu kecil sehingga tidak bisa menampung derasnya air.

Menurut penuturan warga setempat, banjir datang tiba-tiba diluar perkiraan dan separah ini. Banjir di Desa Kamal sudah menjadi langganan setiap tahun tetapi tidak seperti yang terjadi sekarang ini. Dulu setiap banjir, air hanya sampai pada jalan dan halaman tetapi tidak sampai merendam rumah. Intensitas hujan pun tidak terlalu lama tidak seperti tahun – tahun sebelumnya.

Kadis BPBD Azis Sillouw dan Kadis Sosial Jhosef rahanten tinjau lokasi benjir desa kamal bersama pejabat desa kamal ferry sohaly.

Ketika banjir pada pukul 15:00, Kadis BPBD SBB Azis Sillouw,S.KM.,M.Kes mengambil langkah cepat dengan menghubungi salah satu petugas BPBD Heldy yang berada di lokasi banjir untuk melakukan koordinasi bersama pemerintah desa guna membantu warga yang melakukan evakuasi mandiri selanjutnya melakukan pendataan warga terdampak banjir.

Kejadian tersebut juga langsung dikoordinasikan bersama Dinas sosial atas perintah Bupati SBB Timotius Akerina, SE,M.Si. untuk bersama melakukan langkah cepat mengatasi warga terdampak banjir.

Seluran kecil di dusun kampung kolam Desa Kamal

Pada minggu pagi usah ibadah minggu, Kadis BPBD Azis Sillouw bersama Kadis Sosial Jhosef Rahanten bersama staf kedua dinas tersebut langsung ke lokasi kejadian untuk mengetahui langsung kebutuhan yang diparlukan pasca banjir. (TM11)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here